Home » , » Backup ROM Android

Backup ROM Android

If there is a link error please contact Firmware27
Banyak yang membahas cara backup Rom android chipset MTK tanpa root menggunakan Sp FlashTool Tapi menurut saya mereka membahasnya kurang, atau tidak detail, kenapa bisa bilang tidak detail? Karena pas saya praktekan cara nya tidak berhasil, mungking karena mereka lupa atau mungkin cuma hasil baca alias belum pernah praktek jadi wajar tidak tahu letak kesalahannya dimana, terus yang benar bagaimana caranya? Semua juga benar, cuma ada satu yang tidak di sebutkan, yang tidak disebutkan itulah yang membuat proses backup jadi gagal atau tidak bekerja.

Mungkin anda pernah mengalami backup rom android mulai dari bikin scatter menggunakan MTK Droid Tool, terus ReadBack menggunakan Sp FlashTool dan RedBack Hanya sebentar otomatis hasil ReadBack hanya 4-5MB, dan dibuat file flashtool pun hanya menghasilkan sceater saja, Sedangkan untuk hasil ReadBack yang sempurna minimal 1GB lebih, Terus dimana letak kesalahannya???
Oke disini saya tidak menyediakan bahan-bahan nya, tapi saya hanya ingin membahasnya saja karena bahan-bahan banyak yang menyediakan.

Driver

Mungkin ini adalah hal wajib untuk proses flash ataupun backup, karena tanpa driver dijamin tidak akan berhasil, karena driver yang nenghubungkan tansper data antara hp dengan PC, Untuk cara instalnya bisa dengan cara klik kanan lalu pilih install, kalau ada peringatan klik yes install, atau bisa dengan cara masuk ke devices Manager dan update driver.

MTK droid tool


Software ini berguna untuk membuat scatter dan menjadikan hasil readbak menjadi file flash tool,
Untuk cara penggunaannya Pertama setting usb debugging di hp anda dengan cara masuk ke pengaturan>> developer (opsi pengembang)>> ON'kan opsi pengembang dan centang usb debugging, kalau gak ada pilihan opsi pengembang coba masuk ke pengaturan>> about dan klik versi kernel beberapa kali hingga muncul pemberitahuan "anda adalah seorang pengembang", kemudian back, sekarang pasti ada menu opsi pengembang. Kalau usb debugging sudah aktif sekarang buka MTK droid tool dengan cara run as administrator, kemudian hubungkan hp ke PC melalui port usb, tunggu hingga informasi hp terbaca kalau sudah terbaca pilih blocks map, dan create scatter file.

Sp flash tool


Sekarang kita coba readback rom android anda menggunakan sp flash tool, usahakan menggunakan sp flash tool terbaru, untuk cara readback nya pertama buka sp flash tool anda jangan lupa run as administrator, lod scatter dan pilih scatter yang tadi sudah dibuat, biasanya di folder MTK Droid tool. Penting...!!! Disinilah biasanya letak terjadinya kegagalan saat readback, setelah memasukan scattet coba tulis kode pada barisan terakhir menggunakan notepad, code ini yang akan di masukan saat readback.

backup rom tanpa root


Kalau sudah di tulis lanjut ke kolom readback dan klik add kemudian doble klik hasil add dan simpan dengan nama awalan rom, contoh ROM_S5E biar mudah di ingat, dan klik save, Nanti akan muncul kolom ReadBack Kolom Start Address, Di kolom start address akan menemui Kode "0x0000000000000000", biarkan saja sesuai aslinya, karena itu menandakan mulai dari angka NOL, nah di kolom Length anda akan menemukan Kode "0x00001000" dan ganti dengan Kode yang sudak ditulis di notepad, Kalau kode yang di notepad "0x000000004db40000" maka hapus angka "0" setelah "x" Contoh: "0x000000004db40000" menjadi "0x4db40000" dan masukan kode itu ke kolom Length.
Selanjutnya start readback dengan klik Readback dengan gambar panah bengkok, dan sambungkan hp ke PC dan tunggu sampai readback selesai, biasanya memakan waktu agak lama.

Kalau sudah selesai cabut hp Dari pc, close aja sp flash tool nya, hidupkan hp kemudian buka kembali MTK Droid tool, sambungkan hp ke PC dan masuk ke kolom "Root, Backup, Rrcovery" Dan klik "To Process file ROM_From Flash Tool dan arahkan ke file hasil Readback yang tadi sudah dibuat.

Biar jelas lihat video:



Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Firmware27 Terimakasih telah berkunjung

Free Download Firmware Backup ROM Android, diterbitkan oleh Firmware27 Semoga firmware ini dapat bermanfaat. Firmware27 Selalu Berbagi tips dan firmware secara gratis untuk mempermudah para teknisi.

3 komentar:

  1. gan apa smw android china backup nya sama ama cara yang di atas soalnya aq backup rom evercoss a5c file recovery nya ada yg ilang

    ReplyDelete
  2. pasti ada gan, kalau gak tampil masukin secara manual, atau rename file recovery di folder hasil backupannya menjadi recovery.img

    ReplyDelete
  3. gan minta tolong evercross a7e bootlop di flash tetep aja

    ReplyDelete